Sudah lama pengen bikin resep ini. Tapi tiap beli pisang eeeh...pisangnya malah habis di makan sama Papa ato Abel. Oke... kali ini harus berhasil, pisangnya sengaja diumpetin biar kagak dimangsa sama yang lain.
And YES!!
Akhirnya hari minggu kemaren, tercapai juga keinginan saya...hahahaha. Resepnya ngikutin Mba Erlia dengan beberapa modifikasi. Karena penghuni rumah lumayan banyak, resepnya di dobel 2x biar puas makannya :D
Hasilnya muffin yang moist dan berasa bangetsss pisangnya karena sengaja diumpetin 2 hari sampe blenyek biar rasa pisangnya nuampoool.....huahahaha... Next time akan bikin lagi :D
Buat yang mau bikin ini resep hasil modifikasi saya. Karena di rumah g ada measuring cup jadi saya pake cangkir teh yang ada aja.

 Note: Fotonya blur? Jangan salahkan mata anda, yang bersalah disini adalah saya yang malas memotret dengan kamera SLR dan lebih memilih menggunakan kamera HP yang hanya 1,3 pixel dengan alasan kepraktisan :D

 



 Banana Crumb Muffin
(resep aslinya lihat disini)

Bahan:
2 cangkir terigu
1 cangkir gula
1/2 sdt garam
1 sdt BP double acting
1/2 cangkir minyak sayur (aku pake minyak zaitun)
2 butir telur
1/4 cangkir susu (aslinya 1/3 cup, kalo didobel harusnya jadi 2/3 cup, cuma saya takut adonannya terlalu encer makanya susunya dikurangin)
1/2 cangkir choco chip (resep aslinya pake blueberry)
2 buah pisang sunpride, hancurkan

Bahan Crumb:
1/2 cangkir gula palem
 2 sdm terigu
 1 1/2 sdm butter

Cara membuat:
Topping Crumb: campur semua bahan dalam satu wadah, aduk-aduk dengan menggunakan jari atau garpu sampai jadi butiran.
Panaskan oven pada suhu 180 derajat selama 10 menit
Campur terigu, choco chip, garam dan baking powder dalam satu wadah, sisihkan
Kocok telur dan gula sampai rata, masukkan minyak, kocok lagi sebentar
Masukkan pisang dan campuran tepung dalam adonan, terakhir masukkan susu. Aduk rata (jangan terlalu lama mengaduk ya...ntar jadi bantet)
Masukkan adonan dalam cetakan muffin, taburi dengan crumb mixture
Panggang selama 20 menit

Tadaaa...muffin siap disantap.

Yummy....apalagi kalo makannya pas masih anget. Sayangnya saya kurang berhasil bikin crumblenya. Jadinya terlalu berpasir dan rasanya kok kayak filling martabak manis  ya??? Mungkin saya terlalu bersemangat saat mencampur bahannya. Harusnya cukup sampai berbentuk butiran eh....ini malah keterusan sampai jadi berpasir.
Ya sutralah, namanya juga pemula, yang penting rasa dan tekstur muffinnya sudah pas dilidah saya.