Siapa sih yang tidak kenal kelezatan kue yang satu ini? Di kota kelahiran saya, kue ini adalah penganan yang wjib dihidangkan saat hari raya lebaran ataupun natal. Dulu sebelum saya kuliah di Jogja, saya malah ga begitu suka dengan yang namanya lapis legit karena terlalu berlemak dan manis, atau malah ada yang terlalu gurih cenderung salty, pokoknya g cocoklah di lidah saya. Tapi saat saya kuliah, semua makanan yang kurang saya suka malah saya rindukan, lapis legit, bubur pedas, ikan asam pedas, dll, dsb, mungkin karena di Jogja makanan ini sangat langka dan kalo pun ada, kue sebangsa lapis legit itu pasti mahal harganya. Akhirnya begitu pulang ke kampung halaman makanan-makanan itulah yang langsung dicari, termasuk sang lapis legit ini.
Kue ini sebenarnya termasuk mahal bila dibandingkan dengan kue lainnya, harganya bervariasi 150rb (ini mah standar) sampe dengan 300rb (kalo yang ini sih kemahalan kata saya, karena di Ketapang para pembuat kue jarang menggunakan room butter, kebanyakan menggunakan margarin blue band). Untungnya saat saya di Jogja, Momoy sudah berguru pada temannya yang pintar membuat kue, sehingga dia akhirnya bisa juga membuat sang primadona si lapis legit ini...Yippie (nari hula-hula*)
Oh iya...rata-rata orang Kalbar pada bisa bikin kue ini cuma rasanya beda-beda seperti yang saya sebutkan diatas dan yang paling pas menurut lidah saya adalah lapis legit yang sering dibuat Momoy.
Tapi jeleknya si Momoy nih suka lupa resep, untungnya kue lapis legit ini punya formula yang gampang diingat, catet ya...
kuning telur 30 biji (ini minimal, bisa ditambah sampe 36 butir)
jumlah margarin/ mentega = jumlah gula tepung = 350 gram (note: gula bisa dikurangi sampe 250 gr)
susu bubuk 1 sachet
udah itu doank...gampil kan :D

Wew...udah jam pulang, capcus dulu ahh...mo ngerjain pesenannya temen, next time disambung lagi tentang tips2nya. Byeee....