Dulu yang sering bikin soup ini adalah almarhum Oma saya. Pake tulang sapi tapi minus wortel dan tomat. Kuahnya kental dan berlemak karena penggunaan kacang merah dan daging iga. Kalau momoy yang masak, iga sapi diganti pake iga babi ato kaki babi, jadinya lebih kentel dan berlemak boks....slurp... slurp....

Ironisnya, saya baru belajar masak soup ini saat saya sudah kuliah. Belajarnya malah dari temen saya little 'Angel'. Bahannya sama (n teteup minus wortel) tapi cara masaknya beda. Kalo saya, semua bumbu halus ditumis dan dicampurkan ke dalam rebusan daging dan kacang, sedangkan Angel, dagingnya dibaluri dengan bumbu halus terlebih dahulu, baru direbus bersama kacang. Over all kedua metode ini menghasilkan rasa akhir yang sama enaknya. Dari temen saya juga saya baru tau kalo soup ini ditambahin tomat warnanya jadi lebih cantik coklat kemerahan g butek coklat keruh. Akhirnya semenjak itu saya selalu nambahin tomat dalam sup ini, rasanya juga jadi lebih enak, asem, seger gitu dah ahh...
Sok atuh dicoba :D

BRENEBON SOUP
(aslinya g pake wortel, sengaja ditambahin biar isinya lebih bervariasi buat si Abel)
Bahan:
1750 cc air
200 gr kacang merah kering, direndam dulu semalaman biar cepat empuk
250 gr daging sengkel, potong dadu (lebih enak pake iga)
2 buah wortel, potong-potong (di skip juga gpp malah lebih enak g pake wortel menurut saya hihihi :D)
1 buah tomat ukuran sedang, belah jadi 6 bagian
Daun bawang secukupnya
Seledri secukupnya
Garam secukupnya secukupnya

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
1/2 butir pala
1 sdt merica bubuk
minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat:
Rebus kacang merah hingga mendidih.
Tumis bumbu halus, sisihkan.
Masukkan daging kedalam panci berisi rebusan kacang merah, tunggu hingga air rebusan mendidih kembali
Masukkan bumbu halus, tambahkan garam secukupnya, cicipi. Rebus hingga daging empuk
Masukkan wortel dan tomat, masak hingga wortel empuk. Cicipi (biasanya penambahan sayuran dalam sop seperti kentang ato wortel bikin masakan jadi lebih tawar), jika rasanya sudah pas matikan api.
Taburi dengan irisan daun bawang dan seledri.
Siap dihidangkan.