Setelah kemarin sibuk bereksperimen dengan brownies panggang, kali ini saya memilih membuat brownies kukus.
Niat sebenarnya sih buat menghemat pengeluaran listrik juga, soalnya sudah 1 bulanan si olit (my little oven) di abuse habis-habisan buat baking lapis legit pesenan temen-temen kantor papa.
Puter-puter cari resep di internet saya menemukan resep yang oke disini. Prinsip utama saya adalah cari resep steam cake yang paling irit telur soalnya kebanyakan resep kue yang dikukus menghabiskan banyak sekali telur. Karena persediaan DCC di rumah sudah habis maka saya ganti dengan cokelat bubuk akibatnya cara membuatnya pun agak berbeda dengan resep aslinya.
Nah...daripada berpanjang lebar kita langsung praktek di dapur yuks... mareee....
 
BROWNIES KUKUS COKELAT KEJU
(source: Yeni ismayani-Cake Kukus lapis Cokelat keju dari blog just try and taste)
modified by me


Bahan I
4 butir telur
125 gr gula pasir
60 gr tepung terigu
15 gr tepung maizena
Keju parut secukupnya (untuk hiasan)

Bahan II (campurkan semua bahan kering kecuali minyak sayur)
30 gr tepung terigu
10 gr tepung maizena
20 gr cokelat bubuk
35 ml minyak sayur

Bahan III (campurkan semua bahan kering kecuali minyak sayur)
30 gr tepung tergu
10 gr tepung maizena
50 gr keju parut
35 ml minyak sayur

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang ukuran 23x10x8 cm, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Siapkan juga kukusan yang telah berisi air, alas tutup kukusan dengan serbet bersih. Sisihkan.
  2. Kocok telur dengan mikser hingga berbusa. Masukkan gula pasir secara bertahap, kocok adonan hingga mengembang dan kental.
  3. Bagi adonan kue menjadi dua bagian. Masukkan campuran tepung dan coklat bubuk (bahan 2) ke dalam salah satu bagian adonan sambil diayak. Aduk perlahan hingga tercampur rata kemudian masukkan minyak sayur, aduk dengan cara dilipat hingga semua bahan tercampur dengan baik
  4. Sementara itu nyalakan api kompor, panaskan kukusan yang sudah disiapkan. Pastikan api yang dipakai tidak terlalu besar karena dapat mengakibatkan permukaan kue menjadi bergelombang.
  5. Selanjutnya masukkan campuran tepung dan keju (bahan 3) pada 1/2 bagian adonan yang lain, aduk secara perlahan hingga ke dasar mangkuk. Tuangkan minyak kedalam adonan, aduk balik sehingga seluruh adonan tercampur dengan rata
  6. Tuangkan adonan keju ke dalam loyang yang sudah disiapkan kukus selama 10 menit jika permukaan kue sudah mengeras, masukkan adonan cokelat ke dalam loyang, kukus kembali selama 15 menit. Lakukan tes tusuk jika di permukaan lidi tidak basah berarti kue sudah matang dan siap diangkat.
  7. Keluarkan kue dari loyang. Olesi dengan mentega kocok dan taburi keju parut di atasnya, kue siap disantap.

A happy costumer

Note: Karena penggunaan tepung yang sedikit tekstur lapisan keju jadi sedikit rapuh, next time kalo bikin lagi mo saya tambahin tepung terigunya.