YEAH! Akhirnya diposting juga. Sebenarnya tulisan ini sudah lama tersimpan didraft karena kok aneh ya rasanya.... ngomongin lapis legit tanpa nampilin penampakan kuenya. Selama ini lapis legit yang saya bikin selalu made by order jadi g sempat difoto. Lagian mana seru kalo cuma ada foto tampak atas tanpa ada foto potongan kuenya hehehehe... Kemaren kebetulan ada pesanan lapis legit prune dari temen kantor Papa, pikir-pikir sekalian aja bekalin Papa lapis legit buat dicobain temen sekantornya yang lain, kan lumayan buat ajang promosi. Bikinnya tandem, dua hari berturut-turut bakingnya lapis legit doank :D
Ini dia foto penampakannya, dah masuk dalam dus baru keinget untuk difoto.

lihat di bagian bawah, ada bekas gelembung yang telat ditusuk :(

Nah... untuk postingan kali ini saya pengen berbagi resep lapis legit yang saya punya. Resep ini saya dapat dari tante saya. Sebenarnya rumusan tentang lapis legit yang saya posting terdahulu sudah merupakan resep basic lapis legit sih.... namun kali ini saya perjelas lagi dengan menulis lebih detail komposisinya.
O iya...Lapis legit prune yang di atas dibuat dengan menggunakan resep basic yang saya tulis di bawah ini, hanya saja minus prune. Bila menggunakan resep ini hasilnya memang tidak terlalu basah dan berminyak (sesuai selera saya) karena total jumlah mentega dan margarin yang digunakan hanya 350 gr.  Kalo mau lebih basah dan lembut skip penggunaan margarin, gunakan  butter untuk seluruh resep sebanyak 400 gr.

LAPIS LEGIT KLASIK
Bahan:
40 butir kuning telur
70  s/d 100 gr mentega
280 gr margarin ( bisa diganti dengan mentega)
250 gr gula pasir, blender sampai halus (bisa disubtitute dengan gula tepung)
50 gr susu bubuk

Persiapan:
Panaskan oven pada suhu 250 derajat selama 10 menit. Gunakan api atas dan bawah.
Siapkan loyang ukuran 20 cm x 20 cm. Olesi bagian bawah loyang dengan margarin, alasi dengan kertas roti.

Cara membuat:
  1. Kocok mentega sampai putih, kira-kira 15 menit, sisihkan
  2. Dalam wadah yang lebih besar kocok kuning telur dan gula sampai mengembang tandanya adonan mulai berat dan berjejak, lama pengocokan kira-kira 20 menit.
  3. Turunkan speed mixer, masukkan mentega kocok ke dalam adonan telur secara bertahap. Kocok sampai rata.
  4. Terakhir masukkan susu bubuk, aduk rata. Adonan siap dipanggang.
  5. Tuang adonan ke dalam cangkir (saya pakai cangkir teh biasa) kira-kira 3/4 dari tinggi cangkir. Masukkan adonan ke dalam loyang, ratakan dengan punggung sendok. Panggang dengan api bawah 180 derajat selama 7-10 menit.
  6. Bila permukaan kue sudah berwarna coklat merata, keluarkan loyang dari oven, tekan2 seluruh permukaan kue dengan setrika lapis legit, tuang lagi dengan adonan berikutnya.
  7. Untuk lapisan kedua dan seterusnya panggang dengan api atas.
  8. Bila lapisan terakhir sudah matang, lanjutkan memanggang dengan menggunakan api bawah selama 7-10 menit. Fungsinya untuk mematangkan pinggiran kue.

tester buat di kantor Papa
TIPS:
  • Biar gampang misahin kuning dan putih telur, terlebih dahulu pecahkan semua telur dalam satu baskom besar setelah itu angkat kuning telur satu persatu secara perlahan-lahan. Kuncinya adalah kuning telur harus bebas dari mata putih telor (bagian yg paling kental dan rada padat, biasanya nempel di kuning telor n susah untuk dipisahkan)
  • Bila masih coba-coba n takut gagal, coba bikin setengah resep dulu. Kalau mau lebih hemat g usah dipaksain pake butter semua, dicampur margarin juga g kalah enaknya. Seperti resep yang saya tulis, komposisi margarin lebih besar ketimbang butter, tapi rasa yang dihasilkan tetap moist dan legit kok... Yang penting gunakan butter yang berkualitas oke
  • Lama pemanggangan bervariasi ya...tergantung oven yang digunakan. Saya pake otrik, waktu panggangnya jadi lebih lama sekitar 10 menit. Repotnya pake otrik ini loyangnya mesti sering dibolak-balik biar matangnya merata. Terus, walau pakai api atas, loyang tidak saya taruh di bagian paling atas melainkan di bagian tengah, karena kalo ditaruh di atas bagian pinggir depan belakang sudah mateng duluan sementara yang tengah masih kurang mateng, jadi warnanya belang2 gitu dech ahh....(ada yang punya problem sama dengan saya???)
  • Biasanya saat di panggang akan muncul gelembung2 pada adonan, ini bikin permukaan kue jadi jelek karena timbul noda2 hitam. Jadi begitu muncul gelembung, segera pecahkan dengan tusuk gigi ato tusuk apa aja yang ada di rumah.
  • Ada tips yang menyarankan untuk mengoleskan mentega pada alat penekan/ setrika kue, setiap akan menekan lapis legit. Saya sudah praktekkin itu dua kali dan berakhir dengan lapis legit yang meleleh di pinggirannya. Mungkin saya kurang lama memanggang ato olesan saya terlalu tebal g tau deh. Tapi saran saya untuk para pemula, mending step ini diskip saja, it's too risky, kecuali anda siap kecewa dengan hasil akhirnya.
WOKEH... happy baking semua, jangan takut buat mencoba ya, trust me...it's not as hard as you think :)