Gara-gara dapat orderan lebaran buat bikin lapis legit, saya jadi ngiler sendiri pengen makan kue ini. Akhirnya begitu orderan selesai saya pun langsung bikin satu lapis legit lagi untuk orang-orang dirumah dan saya tentunya ^__^
Kali ini saya tambahkan pasta pandan dan kismis sebagai variasi rasanya. Sayang... saya terlalu sedikit menambahkan pasta sehingga rasa dan warna dari pandannya kurang menonjol. Yang mau nyobain ini dia resepnya.

Lapis Legit Pandan
19 butir kuning telur
1 butir telur utuh
200 gr margarin
60 gr butter wisman
170 gr gula halus
50 gr susu bubuk
pasta pandan secukupnya
kismis secukupnya


Cara membuat:
  1. Siapkan loyang ukuran 8 x 28 x 8 cm, olesi dengan mentega dan alasi dengan kertas roti
  2. Kocok margarin dan mentega hingga putih (15 menit)
  3. Di wadah terpisah kocok telur dan kuning telur hingga berbuih masukkan gula halus sedikit demi sedikit, kocok terus hingga kental berjejak (20 menit)
  4. Turunkan speed mixer lalu masukkan kocokan mentega ke dalam kocokan telur, setelah tercampur rata masukkan susu bubuk, kocok terus hingga semua bahan tercampur dengan baik. Kocoknya jangan lama-lama ya... cukup hingga adonan tidak bergerindil
  5. Timbang adonan seberat 250 gr, beri pasta pandan
  6. Ambil adonan yang biasa timbang seberat 50 gr, tuangkan pada loyang sambil diratakan dengan punggung sendok. Pastikan tiap sudut dan pinggiran loyang tertutup dengan baik. Panggang dengan menggunakan api bawah 250 derajat selama 10 menit (ini adalah waktu dan suhu menurut oven Cosmos saya, sesuaikan dengan oven masing-masing ya ^_^. Berdasarkan pengalaman bila menunggu semua permukaan kue matang dengan api bawah akan lama sekali maka begitu pinggiran kue sudah mulai mengering dan kuning kecoklatan, api oven langsung saya pindah kebagian atas). 
  7. Keluarkan loyang dari oven, tekan-tekan permukaan kue dengan setrika lapis legit tuangkan kembali adonan berikutnya ratakan, bakar kembali dengan menggunakan api atas. Ulangi langkah ini sekali lagi.
  8. Bila sudah terbentuk 3 lapisan, saatnya membuat lapisan pandan. Timbang adonan pandan sebanyak 50 gr, ratakan. Kalau mau anda bisa tambahkan kismis untuk variasi rasa
  9. Teruskan proses pemanggangan dengan melakukan step 7 sebanyak tiga kali (untuk lapisan biasa) dan step 8 sebanyak satu kali (untuk lapisan pandan).
  10. bila lapisan terakhir sudah matang panggang dengan api bawah selama 7-10 menit untuk mematangkan seluruh adonan.