Akhirnya saya kebagian juga orderan lapis legit keju. Selama ini kalo ada yang pesen kue lapis kebanyakan pesan yang klasik atau prune, pernah juga dapat yang almond tapi jarang banget. Saya sendiri belom pernah mencicipi rasa lapis legit keju dan kurang tertarik untuk mencoba membuatnya karena menurut saya rasa kue yang manis dan legit lebih cocok bersanding dengan sesuatu yang asam.
Lalu... apakah saya jadi gentar dan menolaknya? Tentu tidak dong... karena dalam dunia lapis legit asal sudah menguasai resep dasarnya maka membuat variasi yang lainnya tidaklah susah.

Karena saya sendiri juga belom pernah ngerasain bagaimana rasa lapis legit keju, tentunya saya mesti bikin tester dulu untuk diri sendiri dan orang-orang rumah tentunya :). Berbekal petunjuk dari Tante Ube maka dimulailah petualangan saya di dapur. Menurut Tante saya, untuk lapis keju takaran butter dan gula sebaiknya dikurangi agar rasa kejunya lebih menonjol. Hmm... kalo begitu resepnya sama dengan resep lapis klasik di postingan saya terdahulu, cuma bedanya kali ini setiap 3 lapis ditambahkan keju parut.

Ada kecelakaan kecil saat sedang memanggang kue ini. Awalnya saya bingung kenapa kali ini tiap lapisan kue cepat sekali matangnya (biasanya butuh 10 menit untuk mematangkan tiap lapisan) ternyata itu karena saya lupa mematikan api bawahnya. Walhasil saat saya keluarkan dari loyang, kue terlihat gosong separuh. Wah...saya jadi panik namun huby menenangkan 'kayaknya yang gosong cuma pinggirnya doank coba aja dibelah kuenya'. Dan...ENG ING ENG... lapisannya tetap terlihat cantik, yah...meskipun keliatan bagian bawah lebih matang daripada atasnya hehehe...
Untuk soal rasa....enyakkk... terasa krenyes-krenyes keju parutnya dan karena butternya lebih sedikit maka kue lapis ini lebih kering dan g semanteg kue lapis yang banyak butternya.

Oh ya untuk kejunya bisa di parut ato menggunakan keju yang dipotong-potong. Saya sudah mencoba dua-duanya. Kalau menggunakan keju potongan, motif keju akan lebih terlihat dan menambah keindahan kue lapis tapi g terlalu kentara juga sih motifnya karena warna keju hampir mendekati warna kuenya sendiri. Jika anda menggunakan keju parut rasa kejunya lebih nendang tapi tidak terlihat motifnya yang ada malah lapisan kue terlihat agak beremah. Pilihan ada di tangan anda :).


LAPIS LEGIT KEJU
Bahan:
38 butir kuning telur
2 butir telur utuh
250 gr margarin
100 gr butter
250 gr gula pasir
50 gr susu bubuk
Keju parut secukupnya

Persiapan:
Panaskan oven pada suhu 250 derajat selama 10 menit. Gunakan api atas dan bawah.
Siapkan loyang, olesi bagian dasar loyang dengan margarin lalu alasi dengan kertas roti. Kali ini saya menggunakan loyang 18 cm x 18 cm untuk menghasilkan kue yang lebih tinggi.

Cara membuat:
  1. Kocok mentega sampai putih, kira-kira 15 menit, sisihkan
  2. Dalam wadah yang lebih besar kocok telur, kuning telur dan gula sampai mengembang tandanya adonan mulai berat dan berjejak (ribbon stage), lama pengocokan kira-kira 30 menit.
  3. Turunkan speed mixer, masukkan mentega kocok ke dalam adonan telur secara bertahap. Kocok sampai rata.
  4. Terakhir masukkan susu bubuk, kocok sebentar saja asal tercampur rata. Adonan siap dipanggang.
  5. Timbang adonan seberat 70 gram. Masukkan adonan ke dalam loyang, ratakan dengan punggung sendok. Panggang dengan api bawah 250 derajat, jika bagian pinggir kue sudah terlihat kuning kecokelatan segera pindahkan loyang kebagian tengah lanjutkan memanggang dengan api atas hingga seluruh permukaan kue berwarna kuning kecokelatan.
  6. Keluarkan loyang dari oven, tekan2 seluruh permukaan kue dengan setrika lapis legit, tuangkan adonan berikutnya, ratakan, bakar kembali dengan menggunakan api atas. Lakukan proses ini hingga 2 kali lagi (sampai lapisan ke-4).
  7. Bila adonan untuk lapisan ke-4 sudah dituang, taburkan keju parut diatasnya (kalau saya keju langsung saya parutkan di atas adonan). Jangan sampai kebalik ya...kalau keju yang ditabur duluan maka saat proses merapikan adonan, keju yang sudah diparut akan berantakan tidak rata
  8. Teruskan memanggang (step 6 - 7) hingga lapisan terakhir. Setelah lapisan terakhir dituang, taburkan keju parut sebagai hiasan atau anda bisa menggunakan potongan keju sesuai selera anda.
  9. Lanjutkan memanggang dengan menggunakan api atas dan bawah selama 7-10 menit atau hingga kue matang kuning kecoklatan.

An 'apple' on top

Tangan siapakah ini?? :)